WEBSITE



Istilah website untuk saat ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat umum. Untuk saat ini bukan hanya perusahaan, instansi pemerintahan dan pendidikan saja yang memiliki sebuah website tepati juga untuk pribadi seperti pelajar dan mahasiswa yang dapat membuat website tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Website pun tidak hanya digunakan untuk mempromosikan sesuatu tapi juga digunakan untuk sharing, bertukar pikiran atau hanya untuk sekedar menuangkan bakat menulis. Walaupun begitu sampai saat ini masih banyak yang belum mnegetahui ati dari website yang sebenanya terutama bagi mereka yang masih gagap terhadap teknologi, Apa sih website itu?

Website atau dalam bahasa Indonesia disebut situs web adalah kumpulan halaman-halaman yang menampilkan informasi berupa teks, gambar, audio maupun video atau animasi yang ditempatkan pada sebuah web server dan dapat dilihat dengan mengakses jaringan internet. Website tersebut dapat dibuka melalui program penjelajah (web browser) seperti Mozilla firefox, internet explorer dan opera.

Unsur-unsur yang terkandung dalam sebuah website adalah :
  • ·         Domain name atau URL atau nama domain adalah versi teks dari sebuah IP address adalah alamat unuk yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah website. Domain name ini menunjukan lokasi atau ada dibawah instansi apakah website itu dibuat. Contohnya adalah :

                *.ac.id                   : untuk lembaga anpendidikan
                *.go.id                  : untuk lembaga pemerintahan
                *.sch.id                : untuk lembaga pendidikan (sekolah)

  • ·         Web hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam hard disk tempat menyimpan berbagai data, file, gambar atau video, database yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukan tergantung dari besarnya web hosting yang dimiliki, semakin besar web hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukan dan ditampilkan dalam website.
  • ·         Bahasa program adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang diakses. Jenis bahasa program yang banyak digunakan antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets, XML, Ajax dan sebagainya. Bahasa dasar yang digunakan setiap situs adalah HTML sedangkan PHP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur kedinamisan dan interakif suatu situs.
  • ·         Desain website untuk mengolah tampilan website menentukan kualitas san keindahan sebuah website yang berpengaruh kepada penilaian pengunjung terhadap website tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © / Kelompok satu PTI C

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger